Diposting oleh ibnu blog on 23.56
Label:

Setelah tertunda beberapa waktu alhamdulilah akhirnya saya bisa mereview TEENpup Linux Legacy 2009. TEENpup Linux merupakan Distro Linux turunan Linux Puppy. Di buat berbasiskan Puppy Linux 2.14. Puppy Linux merupkan Linux yang bukan turunan dari distro manapun. Awalnya menggunakan konsep seperti Windows98 yang tidak mengenal perijinan akses, jadi user yang menggunakan bisa mengakses semua file yang ada. Puppy sangat powerfull jika digunakan untuk komputer generasi lama, karena memang didesain untuk itu. Sampai saat ini Puppy Linux sudah mencapai versi 4.

TEENPup Linux Legacy2009 sengaja memilih versi Puppy Linux 2.14 untuk membundel Distronya karena versi ini mendukung dengan baik berbagai hardware keluaran lama. Untuk ukuran PuppyLinux distro ini memang memiliki ukuran file yang cukup besar yaitu sampai 700 Mb. Padahal biasanya untuk PuppyLinux sendiri ukuran filenya tidak sampai 100 Mb. Perangkat lunak yang disertakannyapun juga banyak dan mendukung berbagai file multimedia, flash ataupun java. Sehingga bisa dipastikan sangat mudah untuk mengakses YouTube dari TEENPup ini. Berbagai file format AVI, MPG, atau bahkan FLV juga dengan mudah di jalankan.

Distro ini juga mengusung berbagai aplikasi dari KDE 3, namun menggunakan Icewm sebagai default window manajernya dan menyisipkan FluxBox sebagai 2nd window manajernya. Untuk mempercantik tampilan Icewm supaya look like Windows Vista, sudah dibuatkan theme UltraVista. sehingga warna-warna distro ini mirip dengan vista. Beberapa aplikasi yang disertakan adalah versi lama, menurut pembuatnya hal ini dikarenakan versi yang lama ukuran filenya lebih kecil ataupun kecepatan programnya lebih bagus jika dijalankan pada komputer dengan spesifikasi perangkat lunak yang lama.

TEENPup Linux Legacy 2009 berjalan cukup baik pada Komputer Kelas Pentium III-800 dengan RAM 512 Mb atau swap 500 Mb. Ketika saya coba menjalankan komputer ini pada komputer rumah dengan spesifikasi Pentium III-700 dengan RAM 128 juga berjalan lumayan, tetapi untuk menjalankan OpenOffice 3.1 akan terasa lambat, sehingga saya tambahkan partisi swap 200 Mb. Installasi distro ini memerlukan space 1,8 Gb karena sudah include berbagai program, dan bisa anda install hanya dalam waktu 15-20 menit. Linux ini bisa juga di isntall ke dalam Flasdisk dengan waktu yang sama. Untuk intallasi ke dalam FD paling tidak anda membutuhkan 800 Mb untuk programnya dan jika anda ingin menympan perubahan ataupun konfigurasi yang telah anda lakukan maka akan memerlukan tambahan space 500 Mb (recomended). Happy.. TEENpup!!!!!

TEENpup Linux Legaci 2009
Size : 696 Mb
Download Disini
Developer : John Van Gaans
Lisensi/Harga : GPL/Free
Spesifikasi Minimum:
Pentium III-800 MHz
RAM 512 Mb atau Swap 500 Mb

0 komentar:

Arsip Blog

Pengikut

Search