Diposting oleh ibnu blog on 16.29

Virus merupakan momok yang sangat menakutkan bagi para pengguna komputer, kehadirannya terkadang tidak diketahui secara pasti. Saat ini hampir tiap hari bahkan tiap jam bermunculan berbagain jenis virus baru dengan beragam model serangan dan implikasinya, virus terganas bahkan dapat langsung melumpuhkan sistemoperasi seketika.

Dari beragam jenis virus yang sering muncul akhir-akhir ini, anda mungkin pernah mendengar nama Conflicker dan Kido. Virus ini tergolong sebagai malware dan menyerang komputer dengan sistem operasi windows. Karena tergolong malware, umumnya yang terjangkit adalah komputer yang sering digunakan untuk online namun demikian tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang komputer offline.

Dampak yang ditimbulkannya adalah berupa :

  • Tidak bisa mengakses www.microsoft.com
  • Antivirus tidak bisa diupdate
  • Jaringan internet menjadi lambat
  • Otomatis mendownload sendiri dari site-site tertentu

Virus yang satu ini terkadang tidak dapat terdeteksi oleh antivirus karena relatif masih sangat baru, sehingga banyak orang mengira bahwa sistem mereka masih dalam kondisi bersih dari virus dan semacamnya.

Apabila komputer anda mengalami gejala sepeti yang telah kami sebutkan diatas, ada baiknya anda mencoba melakukan berbagai langkah pengecekan, langkah paling awal adalah dengan mencoba melakukan scanning dengan anti virus, namun apabila cara ini tidak berhasil, masih ada cara lain yang bisa ditempuh.

Berikut adalah step by step bagaimana cara menghilangkan conficker dengan mudah.

  1. Putuskan hubungan komputer yang terinfeksi dari jaringan baik jaringan wireless (WiFi) maupun wired (kabel LAN)
  2. Matikan system restore (khusus XP keatas )dengan cara klik start -> all program -> accessories -> system tool -> system restore. Setelah masuk pilih pada menu setting pilih off untuk semua partisi.
  3. Download Malware Removal Tools dari microsoft bisa klik disini
  4. File tersebut bisa didownload dari komputer yang bebas virus ini, karena apabila komputer sudah terjangkit conficker dipastikan tidak dapat mengakses situs tersebut. Namun demikian, alternatif download bisa anda dapatkan dari link ini
  5. Restart komputer anda
  6. Masuk SAFEMODE (dengan menekan F8 sebelum logo Loading Windows muncul)
  7. Jalankan Microsoft Malicious Software Removal Tool (KB890830.exe)
  8. Pilih Perform Full Scan
  9. Tunggu sampai proses scan selesai, kemudian restart komputer anda
  10. Masuk ke Mode Normal, kemudian coba masuk ke situs www.microsoft.com kalau berhasil masuk berarti komputer anda telah terbebas dari Conficker

Untuk lebih amannya download security update dari Microsoft dari link INI guna mencegah infeksi ulang.

Selamat Mencoba !!!

0 komentar:

Arsip Blog

Pengikut

Search