Diposting oleh ibnu blog on 22.11

Mungkin anda pernah mengeluh dengan kinerja system operasi yang dirasakan lambat. Lalu anda ingin membuat PC Windows lebih cepat dan segar kembali dengan sedikit merubah setting pada registry. Namun untuk melakukan akses kecil tersebut,diperlukan pengetahuan yang lebih tentang struktur registry. Karena operasi bypass pada jantung windows semacam itu terkadang malah makin menimbulkan masalah pada windows.

Sebuah kekeliruan kecil saja,cukup untuk membuat windows tidak berfungsi. Hal ini semakin dipersulit lagi jika anda tidak mempunyai file backup registry tersebut. Untuk setting keamanan terkecil pun sering pengguna harus melewati beberapa root directory. Tidak heran,biasanya hanya hardware-tuner yang berani masuk ke dalam registry. Padahal setting tersebut sangat efektif untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan.

X-setup sebenarnya mampu membuat tuning yang mudah dan aman bagi setiap pengguna. Tool ini mampu mengubah hampir semua setting windows yang dikenal setidaknya lebih dari 400. Ini berkat konsep Plug-in. Sebuah komunitas besar penggemar X-setup terus memprogram plugin dan menyediakan fungsi-fungsinya bagi pengguna lain. Sangat menyenangkan X-setup tersedia gratis. Untuk menggunakan tools ini,anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Install X-setup di http://xteq.com Setelah terinstal,jalankan instalasi dengan mengklik ganda pada file Exe dan ikuti panduannya. Untuk meringankan menu Start anda,tempatkan icon X-setup dalam Control panel. Option ini hanya tersedia selama proses setup. Awas ! aktifkan options keamanan yang terintegrasi,yang memberi peringatan pada setiap perubahan system. Setting ini dapat anda temukan di bawah "X-setup > Configure X-setup > Security" . Di sana klik pada boks di samping "Activate Safe Mode" .
  2. Mengkonfigurasi system dengan asisten Tuning dengan X-setup dapat dilakukan secara manual atau dengan asisten. Asisten memasukkan plugin ke dalam kelompok fungsi,sehingga mudah digunakan. Klik pada "X-setup > Launch X-setup wizard" dan pilih asisten yang diinginkan dengan "Select wizard" . Kemudian klik lagi pada "Show wizard informations" untuk menunjukkan informasi mengenai asisten yang bersangkutan. Tab "OS-version" untuk mengungkapkan,apakah misalnya plugin ini bisa digunakan pada system operasi anda. Bila tidak,hentikan proses dengan "Close" .
  3. Hati-hati di pusat kendali Sebuah klik pada "X-setup > Launch X-setup wizard default UI" akan mengantar anda ke pusat kendali. Bagi pengguna yang berpengalaman dapat menstart plugin satu persatu di sini. Di bawah "Hardware > Hard disk > Windows NT Hard disk DMA" anda temukan misalnya options akses untuk hard disk dalam mempercepat windows NT. Melalui "Hardware > Video cards" anda dapat mengoptimalkan graphic card. Awas ! Plugin yang disebut "System Critical" {merah/orange} akan mengakses jauh ke dalam system dan dapat menyebabkan kerusakan besar,tapi juga sangat efektif. Sebelum mengaktifkan plugin,klik pada gembok kecil dalam menu untuk menjalankan "Safe Mode" yang akan memperingatkan anda sebelum setiap perubahan dilakukan.
  4. Dua PC-satu konfigurasi X-setup dapat menyimpan perubahan yang dilakukan dalam sebuah file registry. File-file ini dapat di-copy ke PC lain dan perubahannya akan diambil alih oleh registry dengan melakukan klik ganda. Untuk membuat file semacam itu,jalankan "X-setup > Launch X-setup wizard default UI" dalam menu "File" pilih "Record Mode" . Start recording dan jalankan plugin yang diinginkan. Selanjutnya klik kembali "Record Mode" dalam menu "File". Tampak sebuah jendela file untuk menginput nama file dan tempat penyimpanannya.
  5. Up to date dengan plugin 400 plugin tersedia untuk mengoptimalkan system. Bahkan bila suatu fungsi tidak tersedia,hal ini sudah diantisipasi sebelumnya. Install saja plugin dari http://members.fortunecity.com/computingx/plugins/plugins.html,di situ tersedia banyak pilihan. Berikan Path instalasi pada PC anda,directory yang tepat ada di bawah "X-setup > Configure X-setup > Main folders". Sekarang copy plugin yang baru ke folder tersebut. Dalam menu konfigurasi manual pilih "file > Refresh All".

0 komentar:

Arsip Blog

Pengikut

Search